Sunday, December 11, 2016

The Winner Stands Alone (Sang Pemenang Berdiri Sendirian) karya Paulo Coelho: Ringkasan Novel Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

Sekapur Sirih

Cetakan dalam Bahasa Indonesia dimulai sejak tahun 2009 dan buku terbitan yang saya miliki saat ini adalah cetakan 2014 dan merupakan cetakan yang kelima. Dengan titel asli O Vencedor Esta So yang dipublis di Barcelona Spanyol pada tahun 2008. Karya dalam Bahasa menjadi 468 halaman, tentu saja sangat menarik untuk dinikmati. Novel bergenre kritik sosial, sejarah, misteri, faktual, dan kriminal. Bagi yang pernah menghadiri festival film Cannes maka tak akan asing dengan venue yang kerap disebut di dalamnya.

Bagi wartawan peliput dunia desainer atau pihak yang hidup di dalamnya mungkin akan setuju dengan beberapa kajian Coelho, bagaimana digambarkan gelap dan gemerlapnya kehidupan fashion dan perfilman seperti yang disaksikannya di festival Cannes. Dengan jelas, dapat tercium keresahan penulis akan kemunafikan dan kehampaan orang-orang terkenal seperti aktor, penyanyi, top model, sutradara, maupun perancang yang biasa menghiasi koran atau majalah fashion.

Tokoh utama yang tadinya orang biasa berubah menjadi seorang milioner, tidak mampu mengendalikan dirinya sehingga ia harus ditinggalkan oleh wanita yang sangat dicintainya. Uang dan kekuasaan telah mengubahnya. Bila anda tertarik ingin mengetahui informasi akan kehidupan perfilman, sutradara, aktor, dunia fashion dengan para disainernya, kehidupan para modelnya maka buku ini adalah pilihan yang sangat tepat.

Luke 12: 22-27  “Jangan Kuatir”12;22 Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu  , akan apa yang hendak kamu makan, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. 

12;23 Sebab hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian. 12;24 Perhatikanlah burung-burung gagak yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mempunyai gudang atau lumbung, namun demikian diberi makan   oleh Allah. Betapa jauhnya kamu melebihi   burung-burung itu!

 12;25 Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta pada jalan hidupnya? 12;26 Jadi, jikalau kamu tidak sanggup membuat barang yang paling kecil, mengapa kamu kuatir akan hal-hal lain? 12;27 Perhatikanlah bunga bakung, yang tidak memintal dan tidak menenun, namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannyapun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu.

Fakta dunia (Potret): 1. Satu negara di Timur Tengah diduduki oleh Negara adikuasa di dunia. Ada makin banyak dukungan terhadap kelompok teroris. 2. Menurut riset yang dilakukan intelektual ternama asal Amerika: seluruh kekuasaan dunia ditentukan oleh 6000 orang. 3. Dalam dunia modern saat ini, genosida masih terus terjadi di dua negara Afrika.



Ringkasan Novel Terjemahan  dalam Bahasa Indonesia: The Winner Stands Alone (Sang Pemenang Berdiri Sendirian) karya Paulo Coelho

Sebuah pistol Baretta PX4 seberat 700 gram yang dibeli di pasar gelap berada pada kantong seorang lelaki. Setelah perencanaan matang selama 6 bulan ia yakin akan menyadarkan seorang wanita. Ketika korban pertama ditemukan maka saat itu pulalah wanita akan tersadar bahwa semua dilakukannya semata-mata demi cinta padanya. 

Igor, penganut Katholik Orthodoks telah memberi janji, sumpah dan meminta pertolongan di gereja Moskow untuk mewujudkan keinginannya itu. Lelaki pemilik dan presiden direktur perusahaan telepon yang luar biasa sukses di Rusia. Dia tinggal di suite Hotel Martinez, sebuah hotel yang sangat mahal dan bahkan telah dipesan orang setahun sebelumnya.

Dengan menaiki pesawat jet pribadinya dia pun disambut wartawan, sutradara, dan aktris namun dia tidak banyak bicara karena dia kurang mampu berbahasa Inggris dan yang paling utama menurutnya pemenang berdiri sendiri untuk memperlancar rencananya. Festival film Cannes bukan lagi sekedar festival film namun pertemuan sekali setahun orang-orang super kelas dunia. 

Sutradara, bintang film ternama, milioner dunia, model-model dengan setumpuk CV dan video-video mereka, dan wartawan yang matanya berair akibat letak hotelnya yang berada jauh dari tempat festival. Aroma kemewahan mulai dari parfum, wanita cantik, permata, fashion menghiasi suasana festival. Sangat kontras dengan kehidupan para millioner IT Silicon Valley dengan jam tangan plastic dan jeans belel. Ketidaksetiaan terlihat mewarnai udara. Sangat bertolak dengan sebuah riset tentang binatang.

David Barash, seorang professor psikologi di Universitas Washington, Seattle: “Satu-satunya spesis yang tidak berzinah dan tingkat monogaminya 100 persen hanyalah cacing pipih, Diplozoon Paradoyn, cacing jantan dan wanita bertemu dan tubuh mereka melebur jadi satu.”

Hiruk pikuknya festival menghadirkan berbagai kalangan elite dunia. Misi Igor menuju tempat itu sangatlah jelas. Dia ingin membuktikan pada mantan istrinya Ewa yang sangat dicintainya bahwa dunia akan dia hancurkan apabila tidak bersama wanita itu. Ewa merupakan gadis dari bangku kuliahnya di fakultas hukum serupa dengannya. Namun Igor memutuskan untuk berhenti dari perkuliahan dan ingin bekerja. Ketika perang pecah lelaki itu bergabung menjadi tentara dan telah memperburuk tingkat kestabilan emosinya sejak itu.

Kobaran api cinta membuat keduanya menikah tanpa persetujuan dari kedua orang tua sang gadis. Selepas perang Igor pun mulai berbisnis hingga berkembang dengan koneksi dengan para mafia. Dia pun berhasil pada puncak sebagai pengusaha telekomunikasi terbesar di Rusia. Kehidupan mereka pun digelimangi kemewahan namun Ewa tidak tahan sebagai istri yang menunggu suaminya yang sangat mencitai pekerjaannya.

Psikiaternya mengkategorikan Igor sebagai workaholic. Dia terlalu membenamkan dirinya dalam dalam pekerjaan sehingga kurang dalam memberi perhatian kepada istrinya. Butik khusus haute-couture dibuatkan untuk kegiatan istrinya. Wanita itu pun sibuk mengadakan perjalanan ke kota-kota mode. Ia sangat kerap langsung menemui desainer dan memesan barang ke rumah mode terkemuka di Paris yang mempertemukannya dengan Hamid Husein. Dengan sepucuk surat, dia pun meninggalkan suaminya yang dan jatuh kepelukan lelaki Timur Tengah itu. Seorang lelaki yang meninggalkan kampung halamannya dan bekerja pada sebuah rumah mode dengan bantuan seorang Sheikh yang memiliki sejumlah koneksi dengan perancang ternama.

Setelah bekerja selama enam bulan, Hamid pun membuka bisnis sendiri. Jatuh bangun dalam dua tahun akhirnya dia pun berhasil. Bukan hanya dalam desainer pakaian, namun juga dalam bisnis aksesoris, jam tangan, parfum dan tas. Semuanya berlabelkan HH (Hamid Hasan). Dia tidak puas dengan itu semua dia saat ini mulai merambah dunia perfilman. Dia berharap di festival film Cannes impian bisnis barunya akan menjadi nyata. Semua aktifitas bisnis dan keuangannya harus dilaporkan kepada Sheikh. Hamid tidak pernah tahu kalau mantan suami dari istrinya ada pada festival itu.

Dia juga tidak pernah tahu kehidupan masa lalu istrinya, kenekatan, dan kehidupan bisnis Igor. Setelah memberi beberapa peringatan dalam beberapa pesan lewat ponsel, Ewa tidak pernah tenang dan tampak resah selama festival. Dia tidak pernah lupa kenekatan mantan suaminya itu, tetapi dia takut berterus-terang pada Hamid. Beberapa korban telah berjatuhan demi menunjukkan cintanya pada Ewa. Seorang polisi penyelidik mantan Skotland Yard telah menarik beberapa simpulan yang akurat tentang korban namun tidak berhasil menangkap pelaku.

Igor, dengan rapi telah merencanakan dengan bantuan mafia Chencen baik dari senjata, racun belladonna, dan calon korban, dari status dan usia yang random. Semua untuk menunjukkan pada Ewa bahwa dunia akan dia hancurkan karena wanita itu. Tiba saat ketika ketiganya akhirnya mengadakan pembicaraan serius. Igor masih menginginkan istrinya kembali kepangkuannya, tapi wanita itu menolak. 

Peluru Baretta pun mengakhiri puncak karir desainer terkenal Hamid  Husein, tubuhnya jatuh terkulai di pasir Cannes. Ewa, istrinya, juga tergeletak tak berdaya akibat peluru bersarang tepat pada jantungnya. Kini Igor pun kembali ke negaranya dengan private jetnya tanpa meninggalkan jejak barang bukti yang akan mengejarnya.

No comments:

Post a Comment